1.Memahami tampilan
Writer
Sebelum kita menggunakan writer, sebaiknya kita pahami dulu garis
besarnya
berdasarkan tampilan
writer sebagai berikut ini.
Tampilan
Writer
• Pada baris paling atas tampilan Writer ada tulisan Untitled1 –
OpenOffice.org Writer,
tulisan
ini menunjukkan nama file yang sedang anda olah menggunakan Writer.
• Dibawah baris tadi ada baris dengan kata File, Edit, View dan
sebagainya. Kata ini
biasa
disebut dengan Menu, dimana tiap kata tadi mewakili menu berbeda. Contoh:
menu
File dikanan.
• Icon (gambar kecil) dibawah Menu adalah Toolbar, apabila kita klik
akan melakukan
fungsi
tertentu sesuai gambar yang ada, Fungsi dari Toolbar sendiri adalah
mempermudah
anda untuk melakukan perintah tertentu sehingga tidak perlu mencari
lagi
didalam Menu.
• Dibawah Toolbar kita akan menemukan garis seperti penggaris atau biasa
disebut
dengan
Ruler, Nomor yang tertera mengindikasikan di posisi mana tulisan anda
berada
sehingga akan mempermudah anda untuk menyesuaikan dengan posisinya
setelah
di cetak nanti.
• Selanjutnya adalah Editor, dimana kita mengolah dokumen.
• Pada baris paling bawah kita akan menemukan kata Page 1/1, Default dan
seterusnya,
baris ini disebut sebagai Status, baris ini memberikan informasi tentang
dokumen yang sedang anda
olah.
2. Menggunakan Writer
Untuk
mengoperasikan Writer pertama kali adalah dengan mengklik icon OpenOffice.org
Writer,
pada Windows klik tombol Start > Program > OpenOffice.org Writer, pada
Linux klik
tombol
KMenu > Office > OpenOffice.org Writer atau KMenu > OpenOffice.org
> Writer. Pada
dasarnya
ada dua cara untuk mengolah dokumen di Writer, yaitu membuat dokumen baru dan
membuka
dokumen yang sudah ada untuk melakukan pengeditan terhadap dokumen tersebut.
A. Membuat Dokumen
Pada
saat aplikasi Writer kita jalankan, biasanya secara otomatis Writer akan
membuka
sebuah
lembar editor baru yang dapat langsung kita gunakan, namun apabila kita ingin
membuka
dokumen baru selain lembar dokumen yang sudah disediakan, ada beberapa cara
yang
dapat kita gunakan untuk membuat dokumen baru, berikut adalah cara yang dapat
kita
gunakan:
• Pilih menu File, kemudian klik tombol New dan pilih Text Documents
• Kita juga dapat melakukannya dengan cara mendoubleklik icon New
Text
Document pada Toolbar
• Selain dua cara diatas kita juga dapat menggunakan tombol Ctrl+N.
B. Membuka Dokumen
Apabila
kita telah mempunyai dokumen dan ingin memperbaharui atau
merubah
isi dokumen yang sudah ada tersebut, kita dapat menggunakan
beberapa
cara juga, yaitu:
• Pilih menu File, kemudian klik tombol Open
• Kita juga dapat melakukannya dengan cara mendoubleklik icon Open pada
Toolbar
• Selain itu kita juga dapat menggunakan shortcut Ctrl+O
• Apabila kita belum membuka Writer, kita dapat mendoubleklik langsung
pada nama
file
dokumen baik melalui File manager (Windows Explorer, Konqueror, Nautilus)
Setelah
kita lakukan salahsatu langkah tadi (kecuali langkah 4), akan muncul sebuah
jendela
sebagai berikut:
Jendela Open
Icon
pada pojok kanan atas adalah icon navigasi, digunakan untuk mencari didalam
folder
mana dokumen kita simpan. Setelah kita tentukan di folder mana dokumen yang
akan
kita
buka, kita dapat mengklik pada nama file yang ada di list lalu dilanjutkan
dengan mengklik
Open.
C. Menyimpan Dokumen
Setelah
kita mengetahui langkah untuk membuat dokumen dan membuka dokumen,
langkah
selanjutnya adalah mengetahui bagaimana cara menyimpan dokumen yang telah kita
olah
tadi. Ada 2 cara untuk menyimpan yaitu dengan cara menimpa dokumen yang telah
ada
atau
menyimpan sebagai dokumen lain. Perintah Save digunakan untuk menimpa dokumen
yang
telah ada dan Save as digunakan untuk menyimpan dokumen dengan nama baru.
Berikut
adalah
cara untuk menyimpan dokumen.
• Pilih menu File, kemudian klik tombol Save atau Save as
• Kita juga dapat melakukannya dengan cara mendoubleklik icon Save pada
Toolbar
• Selain dua cara diatas kita juga dapat menggunakan tombol Ctrl+S.
Jendela Save as
Icon pada pojok kanan atas adalah icon navigasi, digunakan untuk
mencari didalam
folder
mana dokumen kita simpan. Setelah kita tentukan di folder mana dokumen yang
akan
kita
simpan, kita dapat menyimpan seperti nama yang kita inginkan dengan
memasukkannya
pada
File name. Selain itu kita dapat menyimpan dokumen yang kita buat agar dapat di
buka
oleh
aplikasi lainnya dengan memilih tipe dokumen pada File type.
3. Mengolah Dokumen
Pada
saat aplikasi Writer kita jalankan, biasanya secara otomatis Writer akan membuka
sebuah
lembar editor baru yang dapat langsung kita gunakan. Saat anda mengetik
dokumen,
huruf
yang anda ketik akan muncul pada kursor (tanda “|” berkedip) dan kursor akan
bergeser
kesebelah
kanan dari huruf/karakter yang anda ketikkan tadi. Kursor (penanda tempat anda
mengetik
ini) dapat diletakkan pada posisi yang anda inginkan dengan menggesernya dengan
menggunakan
mouse atau tombol keyboard. Untuk mempermudah memahaminya, cobalah
ketik
dokumen berikut dan simpan dengan nama “Surat Penawaran”
Contoh: menulis surat penawaran
A. Mengedit Dokumen
Dengan
memanfaatkan surat penawaran yang telah anda buat sebelumnya, cobalah
untuk
memperhatikan hal- hal berikut.
• Gunakan tombol ←↑↓→ atau gunakan mouse untuk memindahkan kursor
keposisi
yang
anda inginkan
• Gunakan tombol Backspace untuk menghapus satu karakter dikiri kursor
• Gunakan tombol Delete untuk menghapus satu karakter dikanan kursor
• Gunakan Icon Undo pada toolbar (Ctrl+Z) untuk mengembalikan ketikan
kekondisi
sebelumnya
dan
• Gunakan Icon Redo pada toolbar (Ctrl+Y) untuk mengembalikan ketikan
kekondisi
setelah
anda melakukan Undo
• Gunakan tombol Enter untuk pindah paragraph baru
• Gunakan tombol Shift+Enter untuk pindah kebaris baru tanpa menyisipkan
tanda
Paragraph
• Dan Gunakan tombol Ctrl+Enter untuk pindah kehalaman baru. Apabila
anda telah
mencapai
akhir dari lembar kerja, lembar kerja akan otomatis pindah kehalaman
baru.
B. Menyalin Teks
Kadangkala
anda perlu untuk menyalin teks yang sama untuk digunakan di lokasi lain,
berikut
adalah langkah untuk menyalin teks yang anda pilih ke lokasi yang anda
inginkan.
• Sorot teks yang akan anda salin dengan menahan klik kiri pada mouse
sambil
mengarahkan
ke teks yang ingin anda salin.
• Klik menu Edit, kemudian klik pada menu Copy atau menggunakan tombol
Ctrl+C,
anda
juga dapat menggunakan icon Copy pada toolbar
• Pindahkan kursor ke lokasi yang ingin anda sisipkan salinan teks tadi
• Klik menu Edit, kemudian klik pada menu Paste atau menggunakan tombol
Ctrl+V,
anda
juga dapat menggunakan icon Paste pada toolbar untuk menyisipkan salinan
teks
yang anda telah copy tadi.
C. Menghapus Teks
Ada
saatnya anda perlu untuk menghapus teks yang cukup banyak sehingga cukup sulit
apabila
dilakukan dengan menggunakan tombol Backspace atau Delete.
• Sorot teks yang akan anda hapus dengan menahan klik kiri pada mouse
sambil
mengarahkan
ke teks yang ingin anda hapus.
• Klik menu Edit, kemudian klik pada menu Clear, atau tekan tombol
Delete
D. Memindahkan Teks
Dalam
proses pengolahan dokumen, kadangkala kita perlu untuk memindahkan teks dari
paragraf
yang satu ke paragraf lainnya. Walaupun hal ini jarang terjadi, namun alangkah
baiknya
apabila kita juga mengetahui cara untuk melakukannya.
• Sorot teks yang akan anda pindahkan dengan menahan klik kiri pada
mouse sambil
mengarahkan
ke teks yang ingin anda pindahkan.
• Klik menu Edit, kemudian klik pada menu Cut, atau gunakan tombol
Ctrl+X, bisa
gunakan
icon Cut pada toolbar
• Letakkan kursor pada lokasi dimana anda akan meletakkan teks yang anda
pindahkan
• Klik menu Edit, kemudian klik pada menu Paste, atau gunakan tombol
Ctrl+V, bisa
juga
menggunakan icon Paste pada toolbar
E. Mengatur Teks
Seringkali
kita perlu untuk memformat teks yang kita buat baik itu membuatnya lebih
tebal
dibanding teks yang lain, menggunakan huruf miring pada teks tertentu, membuat
judul
dengan
bentuk huruf yang berbeda atau lebih besar dan sebagainya.
1. Merubah Jenis,
bentuk dan ukuran huruf
Untuk
merubah jenis dan bentuk huruf sesuai dengan yang inginkan adalah dengan
melakukan
langkah berikut:
• Sorot teks yang akan anda rubah jenis dan bentuknya
• Pilih Font yang ingin anda gunakan pada dropdown menu
yang
ada di toolbar seperti contoh dikanan.
• Klik pada jenis dan bentuk font yang ingin anda gunakan.
• Untuk merubah ukuran huruf gunakan dropdown disebelah
kanan
dropdown menu Font tadi.
• Selain perintah diatas anda juga dapat melakukannya
melalui
menu Format, kemudian Character.
• Pilih Font yang akan anda gunakan

Jendela Character untuk memilih
bentuk huruf
2. Memberikan efek
terhadap teks
Kita
dapat memberikan efek kepada teks yang dibuat, baik itu untuk membuat huruf
tebal, huruf miring, dengan garis bawah dan lainnya.

Jendela
Character untuk memilih efek huruf
• Sorot teks yang akan anda rubah stylenya
• Klik pada menu Format, klik pada menu Character, atau
• Gunakan icon Bold pada toolbar atau tekan tombol Ctrl+B untuk membuat
huruf tebal
• Gunakan icon Italic pada toolbar atau tekan tombol Ctrl+I untuk
membuat huruf miring
• Gunakan icon Underline pada toolbar atau tekan tombol Ctrl+U untuk
membuat huruf
dengan
garis bawah
F. Merubah Warna
Apabila
kita akan membuat brosur atau pamflet, kita perlu membuat tulisan penuh warna
agar
bisa membuatnya lebih menarik.
• Sorot teks yang akan anda rubah warnanya
• Klik menu Format, lanjutkan dengan mengklik menu Character, Pilih tab
Font Effects,
rubah
dropdown menu dibawah Font Color, atau
• Pilih warna yang anda inginkan pada icon Font Color di toolbar
G. Mengatur Paragraf
Untuk
membuat dokumen menjadi lebih rapi, kita perlu mengatur formatnya baik dengan
mengatur
paragrafnya, meratakan posisi kiri dan kanan dokumen, dan pengaturan lainnya.
H. Mengatur Indent
dan jarak spasi

Jendela
Paragraph untuk mengatur Indent dan Jarak Spasi
• Sorot paragraf yang akan anda atur indent dan jarak spasinya
• Klik menu Format, lanjutkan dengan mengklik menu Paragraph
• Masukkan Before text apabila anda ingin mengatur margin pada awal
paragraf
• Masukkan After text apabila anda ingin mengatur margin pada akhir
paragraph
• Untuk melihat seperti apa bentuk indent yang anda setting, lihatlah
pada kolom di
sebelah
kanan
Untuk
mengatur jarak spasi anda dapat melakukannya dengan langkah berikut ini:
• Sorot paragraf yang akan anda atur indent dan jarak spasinya
• Klik menu Format, lanjutkan dengan mengklik menu Paragraph
• Untuk merubah spasi antar paragraf masukkan nilai yang diinginkan pada
Above
paragraph
dan Below paragraph.
• Untuk merubah spasi antar baris didalam paragraf, gunakan dropdown
menu
dibawah
tulisan Line spacing
• Pilih Singles untuk jarak satu spasi
• Pilih 1.5 lines, untuk jarak satu setengah spasi
• Pilih Double, untuk jarak dua spasi dan seterusnya
I. Meratakan batas
kiri dan kanan paragraf.
Surat
profesional harus tertata rapi, berikut adalah langkah yang perlu dilakukan
untuk
membuat
dokumen tampak lebih rapi.

Jendela
Paragraph untuk mengatur alignment
• Sorot paragraf yang akan anda rapikan batas kiri atau kanannya
• Klik menu Format, lanjutkan dengan mengklik menu Paragraph
• Pada jendela Paragraph, pilih Checklist salah satu pilihan pada
Options dan
sesuaikan
dengan kebutuhan, atau
• Gunakan icon Align Left untuk meratakirikan paragraf
• Gunakan icon Align Right untuk meratakanankan paragraf
• Gunakan icon Center untuk meletakkan paragraph ditengah- tengah
halaman
• Gunakan icon Justify untuk meratakirikanankan paragraf
J. Mengatur Format
Halaman
Untuk
menyesuaikan dengan kebutuhan sebagaimana hasil cetak yang kita inginkan, kita
perlu
melakukan pengaturan tentang ukuran kertas, mengatur margin, jumlah kolom,
orientasi
dan
sebagainya. Disinilah kita perlu mengetahui cara untuk mengatur format halaman
melalui
Page
Style.

Jendela
Page Style untuk mengatur format halaman
K. Merubah Ukuran
Kertas
Ukuran
halaman perlu disesuaikan dengan ukuran kertas yang akan kita gunakan untuk
mencetak
dokumen yang kita buat.
• Klik menu Format, klik pada menu Page, Pindahkan tab ke menu Page
• Pilih ukuran kertas atau anda dapat menyesuaikannya dengan memasukkan
lebar
dan
panjang dari kertas
L. Merubah orientasi
pencetakan
Untuk
dokumen laporan- laporan tertentu kadangkala kita perlu mencetak dalam bentuk
melebar,
contoh Neraca Keuangan.

Jendela
Page Style untuk merubah Orientasi Pencetakan
• Klik menu Format, kemudian klik pada menu Page
• Pindahkan tab dari Jendela Page Style ke menu Page
• Pada kolom Orientation pilih Potrait untuk bentuk pencetakan tegak
atau pilih
Landscape
untuk pencetakan dengan posisi melebar.
M. Mengatur margin
Pada
saat kita membuat laporan yang akan di bundle/dijilid kita harus memberikan
jarak
sisa
sehingga pada saat dilakukan pembundlean hasil cetak dokumen kita tidak
tertutup oleh
pinggiran
bundle. Pada saat pertama kali kita membuat dokumen, Writer akan menggunakan
template
standar dengan tepi halaman kertas yang telah ada. Untuk merubah margin tepi
halaman
kertas, berikut yang harus kita lakukan:

Jendela
Page Style untuk mengatur margin
• Klik menu Format, kemudian klik pada menu Page
• Pindahkan tab dari Jendela Page Style ke menu Page
• Tentukan jarak batas margin yang anda inginkan pada bagian Margins.
Masukkan
nilai
pada Left untuk merubah margin kiri, Right untuk merubah margin kanan, Top
untuk
merubah margin atas dan Bottom untuk merubah margin bawah.
• Pilih mirrored pada bagian Margin layout apabila halaman dokumen akan
dicetak
secara
bolak balik.
N. Menentukan Kolom
Penggunaan
kolom bisa kita temukan pada bulletin atau Koran, untuk membuat seperti
ini
tidak sulit, kita hanya perlu menentukan jumlah kolomnya, jarak masing-masing
kolom dan
informasi
yang dibutuhkan lainnya dengan perintah sebagai berikut:

Menentukan
jumlah kolom
• Klik menu Format, kemudian klik pada menu Page
• Pindahkan tab dari Jendela Page Style ke menu Columns
• Setting jumlah kolom baik dengan memasukkan nilainya dibawah menu
Columns
atau
memilihnya pada beberapa pilihan yang telah disediakan
• Kita juga dapat mengatur lebar dan spasi masing-masing kolom pada
bagian Width
and
spacing
• Selain itu kita juga dapat memberikan garis pembatas diantara kolom
dengan
memilihnya
pada bagian Spearator line.
O. Mencetak Nomor
Halaman
Writer
menawarkan beberapa pilihan untuk menampilkan nomor halaman yang nantinya
dapat
dicetak. Nomor halaman biasanya diletakkan pada bagian Header atau Footer.
• Klik menu Insert, kemudian klik pada menu Header atau Footer sesuai
dimana anda
akan
meletakkan nomor halaman apakah di posisi atas ataupun posisi bawah dari
halaman
• Pilih Default, setelah muncul kolom tersendiri pada tampilan editor,
lanjutkan dengan
memasukkan
nomor halaman secara otomatis dengan mengklik menu Insert,
kemudian
Fields, Page Number
• Kita juga dapat melakukan cara ini untuk memasukkan tanggal pembuatan,
penulis
dan
banyak lagi.
• Gunakan Align Left, Align Right atau Centered untuk mengatur rata
kiri, rata kanan
atau
rata tengah
• Untuk merubah nomor halaman dari 1,2,3 dst menjadi bentuk yang anda
inginkan,
misalnya,
i, ii,iii dst. Sorot nomor halaman, klik menu Edit dilanjutkan dengan
mengklik
menu Fields
• Atur mengatur Header atau Footer lebih jauh, klik menu Format,
kemudian Page, klik
pada
menu Header atau Footer

Jendela
Page Style untuk mengatur Header/Footer
4. Mencetak Dokumen
Setelah
kita mengetahui cara untuk membuat dokumen, membuka dokumen yang telah
ada,
melakukan pengeditan, mengatur format halaman dan lainnya, saatnya kita
lanjutkan
dengan
bagaimana menampilkan dokumen yang kita buat pada selembar kertas.
A. Mengatur Printer
Sebelum
kita menampilkan dokumen kita pada selembar kertas, kita perlu menentukan
printer
(alat pencetak) apa yang akan kita gunakan untuk mencetak dokumen kita pada
selembar
kertas.

Jendela
Printer Setup untuk melakukan penyetingan Printer
• Klik menu File, kemudian klik pada menu Printer Settings.
• Pilih Nama Printer yang anda gunakan untuk mencetak dokumen
• Klik tombol Properties untuk mengatur lebih jauh printer yang telah
anda pilih untuk
mencetak
dokumen
B. Melihat contoh
hasil cetakan
Setelah
kita mengetahui cara untuk membuat dokumen, membuka dokumen yang telah
ada,
melakukan pengeditan, mengatur format halaman dan lainnya, saatnya kita
lanjutkan
dengan
bagaimana menampilkan dokumen yang kita buat pada selembar kertas. Sebelum kita
mencetak
dokumen, sebaiknya biasakan untuk melihat contoh hasil cetakannya terlebih
dahulu
sehingga
kita dapat memperbaikinya sebelum kita mencetaknya di kertas. Gunakan langkah
berikut
untuk melihat contoh hasil cetakan
• Klik menu File, kemudian klik pada menu Page Preview, kita akan
melihat contoh
hasil
cetakan dari dokumen yang kita olah

Tampilan
Page Preview untuk melihat contoh hasil cetakan
C. Mencetak pada
kertas
Setelah
selesai kita atur printer dan telah kita lihat contoh hasil cetakan dari
dokumen
yang
kita buat, saatnya kita cetak pada kertas. Berikut adalah langkah untuk
mencetak
dokumen
pada kertas.
• Klik menu File, kemudian klik pada menu Print, atau gunakan icon Print
File Directly
pada
toolbar
• Selain itu kita juga dapat melakukannya dengan menekan tombol Ctrl+P
• Setelah langkah tadi, akan muncul jendela untuk melakukan pencetakan.

• Kita akan diminta untuk menentukan halaman mana saja yang akan kita
cetak
dengan
memasukkannya pada Print Range
• Pilih All untuk mencetak semua halaman
• Masukkan nilai pada Pages untuk memilih halaman apa saja yang akan
kita cetak,
contoh:
apabila kita ingin mencetak halaman 1,5 dan 7 saja maka kita perlu
memasukkan
angka dengan diberi tanda koma (,) seperti berikut: 1,5,7
• Gunakan Selection untuk tulisan yang kita sorot saja.
• Apabila kita akan mencetak dokumen beberapa kali, rubahkan nilai pada
Copies
sesuai
jumlah yang kita inginkan.
• Kita juga dapat menentukan apakah hanya tulisan saja yang akan kita
cetak (apabila
ada
gambar didokumen yang kita buat), Mencetak hitam putih (apabila menggunakan
printer
warna dan tulisan yang berwarna) dan banyak lagi dengan mengklik tombol
• Klik tombol Ok untuk memproses mencetak dokumen.
Mengakhiri Writer
Setelah
selesai menggunakan Writer untuk membuat dan mencetak dokumen, maka kita
dapat
mengakhiri penggunaan Writer setelah memastikannya dokumen tersebut telah
tersimpan
di folder yang kita inginkan.
Ada
tiga cara untuk mengakhiri penggunaan Writer yaitu dengan mengklik tombol close
(x)
dipojok kanan atas atau dengan mengklik menu File dilanjutkan dengan Exit, bisa
juga
dilakukan
dengan menekan tombol Ctrl+X.
Selamat,
anda telah dapat mengoperasikan OpenOffice.org Writer untuk pekerjaan
pengolah
kata, prakteklah lebih banyak untuk mengeksplorasi kemampuan-kemampuan lainnya
yang
dimiliki oleh aplikasi ini, jangan takut untuk mencoba.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar